Analysis

Empat konsumen SMB

Analysis

Empat konsumen SMB


Dengan lebih memahami konsumen, Small Medium Business (SMB) di seluruh dunia dapat merumuskan strategi yang lebih efektif untuk terhubung dengan audiens mereka.


Apa yang diinginkan konsumen Anda?

Memahami konsumen Anda adalah salah satu pilar utama menuju kesuksesan, segmentasi konsumen adalah salah satu cara paling efektif untuk melihat konsumen Anda dan beradaptasi dengan kebutuhan mereka. Mengapa? Karena itu dapat membantu Anda:

  • Menargetkan pesan Anda
  • Menyesuaikan produk Anda secara efektif
  • Meningkatkan proses distribusi Anda
  • Dan yang paling penting, menghemat uang Anda dengan memprioritaskan pengeluaran Anda

Konsumen dapat disegmentasi dengan berbagai cara, yaitu budget, proses pengambilan keputusan, atau bahkan lokasi geografis mereka. 

Studi global NielsenIQ, the 2022 Brand Balancing Act*, menyoroti konsumen mana yang menghadirkan peluang terbesar dan bagaimana terhubung dengan hal apa yang penting bagi mereka.

Kebutuhan konsumen dan alasan untuk memilih brand telah terfragmentasi karena lanskap ritel semakin terpolarisasi. Mengingat itu, penting untuk mengenali lebih jauh bagaimana berbedanya pola pikir setiap pembeli. Strategi yang didorong oleh motif dan value di seluruh spektrum pemilihan brand kemungkinan besar akan berhasil. 

Mari kita lihat lebih dekat berbagai jenis pembeli yang ada saat ini.


Menghubungkan peluang dengan konsumen yang memiliki preferensi brand 

Ketika diminta untuk mengidentifikasi cara pendekatan yang biasa dipakai untuk membeli consumer goods, kami menemukan bahwa konsumen global yang disurvei cocok dengan salah satu dari empat kelompok utama pembeli :  

  • Pembeli brand Agnostik, atau pembeli yang tidak terlalu memikirkan brand apa yang dipilih
  • Pembeli brand Kecil yang Tidak Disengaja, yang membentuk jalan tengah untuk menunjukkan “beberapa” preferensi untuk membeli brand kecil, tetapi mereka beli hanya ketika nyaman untuk melakukannya
  • Pembeli brand Kecil Eksklusif yang mengklaim bahwa mereka lebih suka membeli brand kecil,
  • Dan, Pembeli brand Besar Eksklusif, yang lebih suka membeli brand besar dan terkenal bila memungkinkan

 


Beresonansi secara unik dengan pembeli saat ini

Dalam iklim inflasi tinggi saat ini, penting bagai kita untuk memahami konsumen, kebutuhan unik mereka, dan bagaimana mereka menemukan sesuatu yang terjangkau  

Di Uni Eropa, terdapat 38% konsumen agnostik, sedangkan di Asia Pasifik dan Amerika Latin terdapat sebanyak 42% konsumen. Artinya, kondisi ini sudah matang bahkan bagi brand terkecil sekalipun untuk meningkatkan pertumbuhan.

Africa and Middle East report
Asia Pacific report
Latin America report
European Union report

Beresonansi secara unik dengan pembeli saat ini

Untuk memotivasi pembelian, Perusahaan Kecil dan Menegah harus menonjolkan apa yang baru, berbeda, atau unik secara lokal untuk mengisi definisi “brand kecil” dari spektrum preferensi. Selain memperhatikan hal-hal penting tersebut, brand-brand kecil juga perlu mengingat untuk menjadi terjangkau dalam iklim saat ini. 

Menawarkan kemasan yang lebih kecil dan menjaga harga yang setara dengan private label adalah dua dari banyak cara untuk menarik konsumen dengan mempertimbangkan keinginan mereka.

Connect Express Go

Mulailah perjalanan Anda hari ini dengan Connect Express Go – memungkinkan Anda lebih percaya diri untuk membuat keputusan berdasarkan data untuk mengembangkan bisnis Anda

* Studi global NielsenIQ, the 2022 Brand Balancing Act, menyoroti aspek inti pilihan merek dengan fokus khusus pada bagaimana konsumen memandang dan memprioritaskan merek yang lebih kecil. Hasil investigasi data global ini telah membentuk fondasi kerangka kerja yang sederhana dan penting untuk memandu strategi usaha kecil dan menengah pada tahun 2022 dan seterusnya.